Home » » Kuliner Khas Minang (Sumatra Barat)

Kuliner Khas Minang (Sumatra Barat)

Written By Andara on Wednesday, August 28, 2013 | 3:53 PM

(seputar-hobi.blogspot.com) Jika anda travelling ke ranah minang, tidaklah lengkap jika anda tidak mencicipi hidangan khas minang, baik itu berupa masakannya ataupun cemilannya. berikut hidangan khas minang yang patut anda coba..
1. Itiak Lado Mudo (Gulai Bebek Cabe Hijau)
Bagi anda penikmat kuliner masakan minang, tentunya Itiak Lado Mudo bukanlah hal yang asing lagi di telinga anda,  Gulai bebek muda yang direndam dalam kuah penuh cabai hijau memang menawarkan rasa yang luar biasa Enaknya, Anda akan disuguhkan dengan sensasi gurih pedasnya yang sulit untuk dilupakan begitu saja. Anda dapat menikmati hidangan ini salah satunya di Rumah Makan Gulai Itiak Lado Mudo dilokasi Ngarai Sianok - Bukit Tinggi - Sumatera Barat.

untuk mengetahui teknik dan resep dalam membuat Gulai Itik Lado Mudo ini, anda dapat mengunjungi link berikut




2. Randang (Rendang)
Randang / Rendang merupakan makanan populer di telinga masarakat indonesia, baik itu yang berasal dari minang ataupun diluar minang. Rendang merupakan masakan yang bahan dasarnya berupa daging sapi yang di potong kecil-kecil sesuai selera. Anda dapat menumakan masakan Randang ini di seluruh rumah makan di minangkabau sumatara barat.


3. Dendeng Batokok
Jika anda sedang jalan jalan ke minang, maka janganlah lupa untuk mencoba masakan ini, dijamin anda akan ketagihan.. :) . Dendeng Batokok merupakan dendeng basah yang dilumuri minyak kelapa segar serta cabe hijau yang diiris. Pembaca mungkin bertanya kenapa dinakan dendeng batokok alasannya adalah dendeng yang sudah di beri bumbu dan kemudian di bakar di atas bara tempurung kelapa serta di pukul - pukul ( di tokok ).
Dendeng Batokok dapat anda temukan di sawah lunto pada rumah makan / Restoran Muara Kalaban yang berada sekitar 5Km dari pusat Kota Sawahlunto. Selain itu anda juga dapat menemukannya Dendeng Batokok di rumah makan / Restoran Pak Datuk, yang berada di padang panjang, tepatnya di jalan raya padang - bukit tinggi.


4. Dendeng Balado
Dendeng balado adalah masakan khas Minangkabau Sumatera Barat yang terbuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering.Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado ( Cabe Merah ). Perbedaan dengan Dendeng Batokok adalah Cara pembuatannya seperti yang sudah di jelaskan diatas. Anda dapat menemukan Dendeng balado hampir di semua restoran minangkabau.

5. Dendeng Paru
Merupakan Dendeng yang terbuat dari paru sapi yang di iris tipis tipis dan di goreng sampe kering kemudian di campur dengan cabe hijau yang nikmat.
Anda dapat menemukan Dendeng paru hampir di semua restoran minangkabau.


6. Gulai Cancang
Gulai Cancang pada Restoran Minang mempunyai bumbu yang khas, yang dapat membuat daging kambing pada saat menyantapnya menjadi hilang bau amisnya. Itulah keistimewaan gulai cancang Minang selain rasanya yang lezat, dan dapat menghangatkan tubuh.
Tidak semua Restoran Minang bisa menyajikan Gulai Cancang yang enak dan lezat kecuali di restoran di pasar Padang Panjang.

7. Asam Durian
Jika anda travelling ke sumatra barat khususnya ke Kabupaten Pasaman Barat, jangan lupa berkunjung ke restoran Ampera Lubuak Talang. Masakan andalan rumah makan Ampera ini adalah gulai asam limbek. Gulai ini terbuat dari ikan lele asap yang digulai dengan bumbu minimalis: hanya sedikit santan kental, cabe giling. Namun ada bumbu yang istimewa: asam durian. Asam durian ini dibuat dari daging durian yang diperam hingga rasanya asam. 

 
Share this article :

1 comments:

  1. Wah jauh banget bro SUMATRA BARAT.. saya hanya bisa membaca artikel agan tidak bisa datang kesana.. hhe
    Kuliner Khas Minang Kamu bisa share disini juga http://qraved.com

    ReplyDelete