Home » » Tips Memelihara ikan Hias untuk Pemula

Tips Memelihara ikan Hias untuk Pemula

Written By Andara on Wednesday, August 28, 2013 | 5:18 PM

(seputar-hobi.blogspot.com). Untuk Memulai memelihara ikan hias sebagai hobi, ada beberapa faktor yang harus di perhatikan supaya tidak menemukan kendala dalam merawat ikan hias yang telah dibeli sebelumnya seperti berakhir dengan kematian ikan hiasnya,Untuk itu dalam artikel ini saya akan sharing tips yang perlu anda ketahui sebelum akan memulai merawat ikan hias di rumah.


1.    Melacak informasi sebanyak-banyaknya sebelum beli ikan. Cermati faktor-faktor tersebut :

» Seberapa besar ikan tersebut jika dewasa dan apakah anda mempunyai akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh ikan setelah dewasa.
» Mencari informasi perihal suhu air, rentang ph dan sebagainya
» Jenis serta macam makanan ikan
» Temperamen spesies ikan hias. Apakah spesies spesifik cocok untuk dihimpun dengan type ikan yang sudah anda mempunyai atau pingin anda pelihara di periode mendatang.
» Apakah spesies yang bisa anda pelihara bisa berkembang biak dengan cepat ? Apakah anda memiliki peralatan pada saat ikan berkembang biak ?
» Apakah ikan yang bisa dibeli rawan pada penyakit spesifik ?

2. Belilah akuarium yang cocok serta pas dengan cost dan area yang anda mempunyai. Akuarium yang besar menyebabkan air di dalam akuarium lebih stabil. Sebagai perumpamaan, jika pemanas suhu rusak, dan sebagian toko jual ikan sudah tutup, suhu air bisa lebih stabil di dalam akuarium yang besar.

3. Pelajari tentang siklus nitrogen di dalam akuarium

4. Pelajari peralatan akuarium


5. Bila butuh belilah buku-buku tentang ikan hias.

6. Siapkan banyak area bersembunyi untuk ikan. Area bersembunyi untuk pengungsian ikan dan bisa turunkan level stress ikan.

7. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium. Anda dapat beli test kit untuk menguji kandungan amonia, nitrat dan ph. Anda juga harus menguji air ledeng jika menggunakan air pam.

8. Jangan sampai tempatkan akuarium di dekat jendela. Cahaya matahari yang memasuki akuarium bisa menyebabkan ledakan ganggang hijau. Sinar matahari segera dapat menyebabkan suhu air di dalam akuarium meningkat.

9. Jangan sampai ikuti aturan 1 inci ikan per 1 galon air. Aturan yang makin baik yakni 1 inci ikan per 2-3 galon air. Jumlah ikan cocokkan dengan besarnya akuarium anda.

10. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum akan dimasukkan ke di dalam akuarium

11. Beli filter akuarium yang memiliki beberapa cartridge, sampai anda bisa ubah diantara jika sudah kotor.

12. Jangan sampai membersihkan filter dengan air ledeng. Gunakan air di dalam akuarium yang sudah anda saring waktu mengganti air di aquraium Klorin dan kloramin di dalam air ledeng bisa membunuh bakteri penghilang nitrat di dalam filter.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment