Home » , » Mari Memulai Dengan Hidroponik

Mari Memulai Dengan Hidroponik

Written By Andara on Tuesday, December 30, 2014 | 3:27 PM

(seputar-hobi.blogspot.com). Salah satu langkah untuk memperoleh sayuran fresh tanpa ada pestisida yaitu dengan menanam sendiri sayuran. Yang jadi permasalahan yaitu tak kebanyakan orang memiliki tempat untuk menanam sayuran. Oleh karenanya ada langkah di mana anda dapat menanam sayuran dengan memakai air juga sebagai media pengganti tanahnya atau yang dimaksud dengan juga hidroponik

Untuk yang memiliki hoby berkebun, langkah hidroponik ini bisa menyingkirkan stress. Namun bagaimanakah ya langkah bikin tanaman hidroponik? Janganlah cemas, pada artikel ini bakal dibicarakan langkah menanam hidroponik hingga akhirnya dapat dikonsumsi oleh keluarga. 

Sesuai sama namanya, hidroponik yaitu langkah bertanam memakai media air hingga tak membutuhkan tanah atau ruang yang luas. Dengan cara simpel, hidroponik yaitu cara budidaya tanaman dengan memakai air yang diperkaya dengan nutrisi, bukanlah tanah. Hal semacam ini bikin parameter seperti nutrisi, pengendalian hama, serta pencahayaan lebih gampang dikelola. 

Hidroponik tak membutuhkan penggunaan herbisida serta pestisida beracun hingga lebih ramah lingkungan serta sayuran yang dihasilkan juga bakal lebih sehat. Bertanam dengan hidroponik bakal membuahkan tanaman berkwalitas baik serta bebas kimia. yang pasti sehat buat kita seluruhnya serta anak-anak. 

Laju perkembangan tanaman hidroponik dapat meraih 50% lebih cepat di banding tanaman yang ditanam di tanah pada keadaan yang sama. Argumen untuk ini yaitu lantaran tanaman hidroponik segera memperoleh makanan dari air yang kaya nutrisi. Keadaan ini dapat bikin tanaman tak perlu akar besar untuk mencari nutrisi. Serta lantaran daya yang dibutuhkan untuk perkembangan akar lebih sedikit, bekas daya dapat disalurkan ke sisi lain dari tanaman. 

Tanaman hidroponik tumbuh sehat, kuat, serta bersih. Hidroponik juga ramah lingkungan lantaran tak memerlukan air sejumlah berkebun dengan cara konvensional. Ini lantaran hidroponik tak membutuhkan penyiraman sekalipun. 

Bagaimanakah menanam dengan cara hidroponik..?
berikut peralatan yang harus dipersiapkan dalam membuat hidroponik :
  • Botol plastik air mineral sisa, 
  • Gelas plastik sisa air mineral, 
  • Jerigen plastik sisa minyak goreng, 
  • Kain untuk sumbu (kain panel semakin bagus) 
  • Nutrisi hidroponik. 
  • Media tanam (rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, pecahan bata merah). Tentukan yang paling mudah didapat. 
Kita dapat lihat begitu sederhananya bahan yang diperlukan. Bahkan juga umumnya besar dari barang sisa.

Jadi menanam jenis hidroponik simpel ini terkecuali kita dapat memperoleh tanaman sayuran yang sehat serta subur, kita dapat juga memakai barang barang sisa. Hingga botol sisa, jerigen sisa serta gelas plastik sisa yang harusnya dibuang serta jadi limbah nyatanya masih tetap dapat di ambil faedahnya. 

Beberapa langkah langkah bikin tanaman hidroponik 
# Hidroponik dengan menggunakan botol sisa : 
  1.  Potong botol jadi 2 sisi. (atas serta bawah) 
  2.  Lubangi sisi atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu serta aliran udara 
  3. Gunakan sumbu di bagian bawah botol 
  4. Masukkan sisi atas botol ke sisi bawah botol lewat cara di balik. 
  5. Isi sisi atas botol dengan media tanam (dapat rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan bata merah). Tentukan saja mana yang paling gampang didapat. Lantaran manfaat media ini cuma untuk pijakan akar agar tak rebah. 
  6. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke media tanam. 
  7. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik. 
  8. Taruh ditempat yg tidak terserang hujan namun masih tetap dapat memperoleh cahaya matahari.

langkah pembuatan media tanam hidroponik dengan menggunakan botol sisa

next kita akan lihat bagaimana cara membuat nutrisi pada hidroponik yang berguna bagi tanaman. (disini)



Share this article :

0 comments:

Post a Comment