Home » » Kuliner Jakarta Khas Betawi yang perlu anda ketahui

Kuliner Jakarta Khas Betawi yang perlu anda ketahui

Written By Andara on Tuesday, February 24, 2015 | 1:51 PM

(seputar-hobi.blogspot.com)
Betawi ialah sebutan utk suku asli kota Jakarta. Histori betawi yang demikian dinamis memengaruhi warisan kulinernya. Makanan Khas Betawi (selanjutnya akan kita sebut sebagai kuliner jakarta) di pengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, serta Arab. Citarasa gurih serta enak ialah ciri khas makanan Betawi. Sesungguhnya, Betawi mempunyai banyak makanan khas yang lezat. Tetapi, bersamaan perubahan cepat kota Metropolitan Jakarta yang sekalian ibukota negara Indonesia ini, Makanan Khas Betawi telah banyak yang langka bahkan juga hampir punah1). Oleh karenanya, mutlak sekali utk melestarikan warisan kuliner nenek moyang. Inilah kuliner jakarta Terpopuler

 1. Kerak Telor (2) 
Kerak telor ialah kuliner jakarta yang sangatlah populer terlebih pada waktu acara Pekan Raya Jakarta. Kerak telor nyaris serupa dengan martabak, ketidaksamaanya terdapat pada isi serta langkah memuatnya. Isi kerak telor yaitu ketan serta ubi. Langkah memasak kerak telor, yakni dengan dipanaskan diatas tungku arang. 

 2. Nasi Uduk (1)
Nyaris seluruhnya masyarakat Jakarta (sekalipun bukanlah orang Betawi) mengetahui nasi uduk. Nasi uduk merupakan kuliner jakarta yang sangat familiar sebagai sarapan di Jakarta. Serupa dengan nasi liwet, nasi uduk yang terbuat dari beras putih dimasak bumbu-bumbu. Bumbu-bumbu nasi uduk itu seperti garam, santan, daun serai, daun salam, serta daun jeruk. Rasa nasi uduk sangatlah lezat serta gurih. Nasi uduk umum dikonsumsi dengan telur dadar yang diiris, semur jengkol, ayam goreng, empal, kentang balado, serta sambal kacang. 

 3. Nasi Ulam (3)
Nasi ulam merupakan kuliner jakarta berupa makanan khas Betawi yang memperoleh dampak dari budaya kuliner Cina. Nasi ulam umumnya mengfungsikan nasi pera yang disiram dengan semur kentang/semur tahu/semur telur. Nasi ulam juga ditambah dengan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar irislah, serta perkedel kentang. Nasi ulam makin tambah nikmat dengan penambahan daun kemangi, sambal, bawang goreng, serta taburan kacang tanah tumbuk. 

 4. Ketupat Sayur/Lontong Sayur (3)
Ketupat sayur ialah makanan khas Betawi yang umum jadikan juga sebagai menu sarapan. Ketupat sayur termasuk dalam kuliner jakarta yang terbuat dari irisan ketupat/lontong dengan kuah santan yang gurih. Taburan ketupat sayur berbentuk bawang goreng, kacang kedelai, serta kerupuk/emping 

 5. Gado-gado (3)
Gado-gado ialah salah satu kuliner jakarta yang merupakan kebanggan Indonesia. Orang asing menyebutkan gado-gado dengan sebutan ‘saladnya orang Indonesia’. Gado-gado diisi lontong/ketupat, sayuran, kerupuk serta bawang goreng. Gado-gado dapat disantap pada waktu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Di Jakarta, sangat banyak penjual gado-gado. 

 6. Ketoprak (2)
Ketoprak terbuat dari ketupat atau lontong yang diisi bihun, toge, serta tahu. Ketoprak Betawi dengan rasa yang lezat ini disiram serta diaduk dengan sambal kacang. Ketoprak juga ditaburi dengan kerupuk. Makanan khas Betawi ini termasuk juga makanan berat yang agak ‘ringan’. 

 7. Semur Jengkol (1)
Semur jengkol ialah hanya satu kuliner jakarta khas betawi yang tidak terbantahkan lagi keasliannya. Masakan khas betawi yang lain bisa saja ada kembarannya di daerah lain namun semur jengkol cuma ada di daerah Betawi saja. Orang Betawi dapat bikin jengkol jadi hidangan semur yang lezat. Untuk membuang baunya, jengkol umum direndam di air kapur atau air dari rebusan tangkai padi. Dulu, daerah Pondok Gede serta Lubang Buaya ialah daerah di Jakarta yang terdapat banyak pohon jengkol. 

 8. Laksa Betawi (1)
Laksa datang dari daerah Cibinong yang merambah ke Jakarta dengan sebutan Laksa Betawi. Entrepreneur Laksa Betawi umumnya orang Cina Betawi. Laksa ialah tipe makanan sepinggan yang berkuah. Laksa diisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, serta daun kucai. kuliner jakarta yang memperoleh dampak dari Cina ini mempunyai citarasa yang gurih serta manis. 

 9. Pindang Bandeng (1)
Pindang bandeng nyaris mirip semur namun ada menambahkan belimbing wuluh. Rasa pindang bandeng sangatlah lezat serta fresh. Sama juga dengan nasi uduk, umumnya pindang bandeng disantap sementara sarapan serta dimasak pada sore hari pada awal mulanya. 

 10. Soto Betawi (3)
Soto Betawi berkuah santan dengan isi daging sapi, tomat, serta kentang. Rasa soto betawi ini sangatlah lezat serta gurih. Daging soto betawi merasa empuk, serta kuahnya merasa gurih. Makanan sepinggan kuliner jakarta khas betawi ini sangatlah pas disantap dengan nasi putih juga sebagai makan siang. 

 11. Soto Tangkar (1)
Makanan khas kuliner jakarta yang satu ini lahir pada waktu penjajahan Belanda. Pada sementara itu, orang Betawi cuma dapat beli iga sapi yang sedikit dagingnya (tangkar). Lalu, orang Betawi menyulapnya jadi soto yang enak. Saat ini, soto tangkar ditambah dengan daging serta jeroan. Soto tangkar berkuah santan namun terasa tak terlampau ‘berat’.

Sumber :
  1. Erwin LT, Erwin A. 2008. Peta 100 Tempat Makan Makanan Khas Betawi di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  2. Khadafi R. 2008. Atlas Kuliner Nusantara Makanan Spektakuler 33 Provinsi. Jakarta: Bukune.
  3. Habsari R. 2007. Info Boga Jakarta. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment