Home » » Kuliner Khas Maluku Yang Harus Anda Ketahui

Kuliner Khas Maluku Yang Harus Anda Ketahui

Written By Andara on Tuesday, March 3, 2015 | 4:57 PM

(seputar-hobi.blogspot.com).
Salah satu hal yang menarik dari wisata yaitu mencicipi makanan lokalnya. Sayang sekali kan seandainya Anda jauh-jauh liburan ke Indonesia Timur, lantas anda tidak mengetahui makanan khas daerah setempat. . Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Maluku yang harus anda coba pada saat anda liburan kesana :

  • Papeda

sobat pasti telah pernah mendengar perihal  kuliner khas Maluku  yang satu ini. Tetapi mungkin saja belum tahu bentuknya seperti apa. Papeda terbuat dari bubur sagu yang umumnya di sajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda bisa pula dipadukan dengan ikan gabus, kakap merah, maupun ikan kue. Papeda ini mempunyai struktur yang lengket seperti lem serta berasa tawar. Papeda baiknya disantap sementara masih tetap panas. Langkah menyantapnya juga cukup unik, yakni dengan tak memakai sendok tetapi segera diseruput dari piringnya.

papeda
Papeda

  • Ikan Kuah Pala Banda

Ikan kuah pala banda ialah kuliner asli orang-orang di Kepulauan Banda. Pulau Banda memanglah di kenal dikarenakan rempah-rempahnya. Kelezatan ikan kuah pala ini telah di kenal mulai sejak beratus-ratus tahun lantas. Bahkan juga, ikan kuah pala tetap di sajikan utk menjamu beberapa pejabat Belanda yang datang ke Banda. Kuah sopnya merasa sangatlah fresh, rasa asam bercampur dengan pedas dari buah pala. Ikan kuah pala ini umumnya di sajikan dengan urap daun papaya, ikan kakap merah bakar, serta sambal bekasang yang di buat dari ikan cakalang tumbuk.

Ikan kuah pala banda
Ikan kuah pala banda

  • Nasi Lapola

Meskipun sepanjang di sekolah kita tetap diajari bahwa makanan pokok orang Maluku yaitu sagu, namun mereka makan nasi juga, lho! Nasi lapola yaitu  kuliner khas Maluku  yang dimasak dengan memakai kacang tolo. Beras yang dimasak dengan api kecil hingga 1/2 masak lantas digabungkan dengan kacang tolo rebus, kelapa parut, serta garam, lantas diaduk rata. Sesudah itu adonan nasi lapola ini dikukus sampai masak.
Nasi Lapola
Nasi Lapola

  • Kohu kohu dengan kasbi rebus

Kohu-kohu ini serupa sayur urap seandainya di Jawa. Kohu-kohu  merupakan kuliner khas Maluku yang terbuat dari ikan teri basah yang digabung dengan tauge, terung, kacang panjang rebus serta parutan kelapa. Kombinasi ini lantas dibumbui dengan perasan jeruk nipis, cabai, bawang merah, serta bawang putih. Rasanya sangatlah nikmat seandainya disantap dengan kasbi (singkong) rebus.
Kohu kohu dengan kasbi rebus
Kohu kohu dengan kasbi rebus

  • Ikan Komu Asar

Ikan komu asar merupakan  kuliner khas Maluku  yang berbahan dasar ikan cakalang yang dimasak lewat langkah ditusuk dengan bamboo lantas diasap sepanjang kurang lebih satu jam. Umumnya ikan asar di buat dari ikan tongkol atau ikan tuna. Ikan komu asar ini pas disantap dengan nasi serta sambal colo-colo.
Ikan Komu Asar
Ikan Komu Asar

  • Sagu woku komo-komo

Satu lagi  kuliner khas Maluku dengan bahan dasar berupa sagu. Langkah pembuatannya : awalannya sagu di rendam di air dingin sepanjang satu jam. Lalu bumbu-bumbu seperti bawang putih, serai, serta jahe ditumis. Lalu jeroan ikan serta air dimasukkan serta dimasak sampai masak. Selanjutnya, bawang merah serta bawang putih ditumis sampai kecoklatan. Masukkan santan kelapa cair serta sagu, lalu masak sampai jadi kering. Imbuhkan santan kental, garam, merica, serta irisan daun bawang. Sesudah masak, sagu didinginkan terlebih dulu. Jeroan ikan dipotong bentuk dadu. Lalu, sagu serta jeroan ikan yang sudah dipotong-potong dimasukkan ke daun woka. Paling akhir, bungkusan daun woka ini lantas dipanggang dengan bara api sampai kering serta masak. Sagu woku komo-komo ini sangatlah pas utk jadi lauk utk makanan paling utama.
Sagu woku komo-komo
Sagu woku komo-komo

  • Sambal Colo Colo

Sambal colo-colo ini ialah sambal  kuliner khas Maluku  yang populer sangatlah pedas berasa. Sambal colo-colo ini sudah jadi pelengkap harus untuk orang-orang Maluku. Sambal colo-colo terbuat dari tomat muda, bawang merah, serta cabe rawit yang diiris tidak tebal lantas di beri taburan garam serta disiram jeruk nipis. Tanpa ada diulek. Sambal colo-colo ini dapat juga ditambahkan dengan daun kemangi, irisan kenari mentah, atau rarobang. Bisa pula ditambahkan kecap manis.
Sambal Colo Colo
Sambal Colo Colo

  • Talam Sagu Bakar

Inilah  kuliner khas Maluku  yang lain yang terbuat dari sagu. Awal mula, sagu di rendam serta dihaluskan. Disamping itu gula merah dimasak. Lalu, sagu serta gula merah ditiriskan serta digabung, lantas ditambahkan gula pasir serta diaduk sampai kental. Lalu ke adonan talam sagu bakar ini ditambahkan mentega, kacang brenebon (kacang merah), serta kenari. Sesudah itu, adonan ini dibakar sampai kering. Talam sagu bakar ini berasa manis dengan citarasa yang khas atas kombinasi kenari serta kacang brenebon. Rasanya sangatlah nikmat serta pas di sajikan camilan.
Talam Sagu Bakar
Talam Sagu Bakar

  • Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu ubi ialah  kuliner khas Maluku  yang saya meyakini telah cukup kita kenal. Bahkan juga, ini yaitu salah satu makanan favorite saya. Kita seluruhnya juga pasti dapat membuatnya. Pertama-tama, sagu lempengan di rendam di air sampai mengembang. Sesudah itu airnya dibuang serta ditiriskan. Lalu, rebus gula merah, gula pasir serta daun pandan di air sampai gula larut. Sesudah itu air gula ini digabungkan dengan sagu yang sudah lunak serta ubi merah rebus. Bubur sagu ubi yang di beri santan kental serta taburan kenari berasa sangatlah lezat.
Bubur Sagu Ubi
Bubur Sagu Ubi

  • Kopi Sibu-sibu

Kopi sibu-sibu ini datang dari kopi style robusta yang dihaluskan lewat langkah tradisional. Rasanya sangatlah khas dikarenakan digabung dengan bubuk cengkeh halus serta ditaburi dengan biji ketapang muda.
Kopi Sibu-sibu
Kopi Sibu-sibu

sobat, tersebut 10 kuliner khas Maluku  yang ditanggung lezat. Beberapa namanya mungkin saja terdengar sedikit asing di telinga kita. Tetapi rasa gak akan bohong. Dengan menyantap makanan khas dari daerah Maluku, pengetahuan kita sekitar kuliner juga bakal jadi tambah. Kebudayaan di Indonesia ini kaya sekali, lho! Yuk kenalan semakin banyak dengan makanan khas dari beberapa daerah di Indonesia!

sumber :

Share this article :