Home » , , » Tanaman Obat Untuk Penyakit anak (part 1)

Tanaman Obat Untuk Penyakit anak (part 1)

Written By Andara on Thursday, April 11, 2013 | 4:36 PM

(seputar-hobi.blogspot.com) Tanaman Obat Untuk Penyakit anak (part 2) 

Bawang Merah

Untuk turunkan demam, parut bawang merah secukupnya, oleskan di tubuh bayi/anak. Sedangkan untuk borok, 3 siung bawang merah serta 2 jari rimpang kunyit dicuci, diparut, lantas digabung dengan 2 sendok minyak kelapa baru.
Hangatkan di atas api kecil sembari diaduk. Sesudah dingin, berikan di bagian tubuh yang sakit sejumlah 2 kali 1 hari. Untuk masuk angin, 8 siung bawang merah, dicuci, tumbuk halus, campurdengan air kapur sirih secukupnya. Oleskan di punggung, leher, perut serta kaki.


Jahe
Untuk menyingkirkan masuk angin, perut kembung serta kolik pada anak.
Langkahnya, 1/4 sendok teh bubuk jahe kering dilarutkan didalam 1/2 cangkir air panas. Berikanlah 1-2 kali /hari sesuai umurnya.






Kunyit ( kunir )
Untuk diare, 1/2 jari kunyit serta 3 lembar daun jambu biji muda fresh dihaluskan, campur dengan 1/2 cangkir air, lantas diperas. Sesudah disaring, diminumkan pada anak. Untuk kulit berjamur atau becak putih jamur/ruam popok dikarenakan penggunaan diapers, parut kunyit lantas berikan.





 Daun Jambu Biji ( Jambu Klutuk, Jambu Batu )
Untuk diare, 3 lembar daun jambu biji muda serta fresh dicuci bersih, tumbuk halus, beri 1/2 cangkir air masak hangat, diperas serta di ambil airnya. Beri garam secukupnya sebelum saat diminumkan pada anak. Kemudian air perasan diberikan pada anak sekehendaknya.




Belimbing Wuluh ( Belimbing Asam, Belimbing Buluk )
Umumnya dipakai untuk obat batuk anak. Langkahnya, kukus ( didalam panci kecil tertutup sepanjang sebagian jam ) satu genggam ( lebih kurang 11-12 gram ) bunga belimbing wuluh fresh, 5 butiradas, 1 sendok makan gula batu serta 1/2 gelas air. Saring serta minumkan 2-3 kali /hari dengan dosis sesuai umur anak.


Mengkudu ( Pace )
Untuk meringankan perut kembung pada bayi. Langkahnya, panaskan daun mengkudu di atas api beberapasaat, lantas oleskan minyak kelapa fresh / yang baru. Tempelkan pada perut anak pada saat hangat. Dapat diulang berapa kali.






Kemiri
Bermanfaat menyuburkan rambut bayi. Langkahnya, minyak kemiri di oleskan pada kepala bayi/anak sembari dipijat perlahan tiap-tiap malam. Pagi hari rambut disampo serta dibilas dengan air hangat sampai bersih. Minyak kemiri ini tambah baik yang telah lantas.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment